Kamen Rider Den-O adalah satu-satunya Tokusatsu yang kuikutin dari episode 1 sampai akhir. Aku pada dasarnya emang nggak suka acara anak-anak. Dari kecil emang nggak pernah nonton tokusatsu, anime, sama baca manga. Baru sekarang aja mengemban semua masa kecil yang tertunda. *hapus air mata pake amplas*

.

Oke, cukup sedih-sedihnya. *lempar amplas bekas pake nya*

Jadi, aku mau merekomendasiin Den-O (yang sebenernya emang udah terlalu bagus sampai-sampai nggak butuh rekomendasi lagi). Ini film tokusatsu, atau film sejenis Power Ranger gitu. Semacam Kamen Rider Black (Satria Baja Hitam). Di film ini ada animasi komputer yang sebenarnya.. terlalu kanak-kanak buat orang dewasa. Animasinya udah jelas keliatan palsunya.

TAPI,

Bukan itu yang mau kuomongin. Sebagai orang berumur 23 tahun, aku cukup childish dan melihat segala animasi komputer itu sebagai sesuatu yang real. Sempet gregetan juga kadang kalau misalnya monster (di animasi komputer) nya mulai hilang kendali dan Den-O nya jadi kewalahan.

Hehe..

Anyway, kalau kalian perhatiin ceritanya, itu bukan cerita anak-anak sama sekali. Ceritanya kompleks dan super sedih (menurutku). Kalau nggak diperhatiin banget, nggak akan nangkep garis besar ceritanya. Dan yang ada, malah bingung, saking kompleksnya.

.

Jadi, di sana ada musuh-musuh yang bernama Imajin. Imajin adalah semacam bola cahaya yang mengambil wujud dari ingatan manusia. Contohnya, kalau ada manusia yang ingatannya berhubungan sama Santa, imajin yang ngerasukin bakal berwujud kayak Santa. Gitu..

Nah, Imajin ini punya tugas yang diberikan oleh seseorang bernama Kai (bukan Kai-ku) untuk menghancurkan ‘masa lalu’ agar ‘masa depan’ sirna. Maksudnya apa? Jadi, karena ‘masa lalu’ dihancurkan, orang-orangnya dibunuh-bunuhin, maka ‘masa depan’ pun tak tercipta.. nggak exist lah, bahasanya.

Para imajin ini terbang ke masa lalu melalui ingatan terkuat dalam diri manusia setelah menjalin kontrak dengan seorang manusia. Contohnya, ada orang yang kenangan terkuatnya adalah ketika sanak saudaranya meninggal, atau ketika dia menikah, maka Imajin yang udah berhasil menyelesaikan kontrak dengan manusia tertentu akan terbang ke masa lalu dan tiba di kenangan-kenangan itu (ngerti nggak?). Setelah tiba, mereka bakal menghancurkan apapun di masa itu.

Nah, Den-O adalah seorang pahlawan yang tugasnya melindungi jalannya rentang waktu dari gangguan imajin-imajin ini. Jadi, sebisa mungkin dia mencegah imajin memenuhi kontrak dengan manusia-nya. Kontraknya berupa pemenuhan keinginan manusia yang nantinya akan dibayar dengan pintu gerbang waktu yang terbuka menuju masa lalu manusia si pemegang kontrak. Maksudnya, Si A dirasuki oleh imajin. Si imajin bakal bertanya, “Sebutkan satu keinginanmu. Tapi kau harus membayarku dengan satu hal“. Setelah menyebutkan keinginannya, kontrak pun selesai. Selesainya kontrak ditandai dengan terbukanya gerbang waktu di tubuh A. Imajin bakal masuk ke dalam gerbang itu dan terbang menuju ingatan (hari) yang paling memorable bagi Si A. Setelahnya, imajin bakal menghancurkan apapun yang dia temui di masa lalu itu.

.

Kompleks? Emang. Tapi seru. Ini salah satu alasan kenapa aku nonton Den-O. Alasan lainnya adalah komedinya yang ‘ngena‘, serta karakter tiap manusianya yang begitu kuat. Terutama karakter imajin yang jadi tokoh utama, kayak: Momotaros, Urataros, Kintaros, Ryuutaros, Deneb, dan Sieg. Kalau mau tau soal Karakter-karakternya, bisa dilihat di sini. Dan ini link buat baca karakter-karakter imajin yang kusebutin tadi.

Kalau mau tau, ini kukasih link youtube buat nonton episode 1-nya. Walau banyak banget movie nya, aku kasih 1 link aja yang paling bagus. Sisanya cari sendiri, ya.. #gitu

.

Udah ya..

Ciao!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s