…Oke, ini aku sangat sangat sangat amat sangat telat buat ngomongin Shingeki no Kyojin (Attack on Titan). Sebenarnya udah denger soal manga/anime ini sejak lama, sebelum booming di Indonesia, tapi aku nggak punya ketertarikan buat nyoba nonton (karena waktu itu nggak tau juga mau nonton dimana). Yang aku lihat waktu itu, kebanyakan adalah gif image dari anime nya. Dan dari gif anime nya, aku tau kalau anime nya bertema gore dan nggak ada sensor sedikitpun dalam menampilkan potongan badan.

Walau begitu, aku tetap suka ngeliat gif image nya dan tetep repost beberapa kali. Lalu, seminggu/dua minggu setelah itu, aku ngeliat temenku yang pecinta anime mulai merepost soal SnK. Habis itu nggak berapa hari kemudian, orang-orang mulai ngomongin SnK dan mulai heboh di twitter, tumblr, dan segala media sosial lainnya sejak kemunculan anime nya. Orang-orang udah mulai bikin akun twitter parody kayak @UstadRifai, @TitanPerkasa, dll. Dan itu bener-bener sesuatu..

Tapi, sebagai orang yang tau soal SnK sebelum booming, saya merasa bangga. #KyleTheHipster

.

Yuk, lanjuttt..

.

Jadi, apakah Shingeki no Kyojin itu?

SnK itu adalah manga yang kemudian diangkat jadi anime. Aku tau soal SnK juga setelah anime nya keluar di bulan April. Terus aku taunya pas bulan Mei atau Juni gitu. Habis itu baru nonton dan ngesearch lebih jauh 3 hari yang lalu. Telat? Memang. Karena saya bukan tipe yang suka nonton anime. Muahahahaha!!

Alasan aku nonton anime SnK juga karena kulihat, anime nya nggak norak. Kebanyakan anime yang kutonton semuanya norak dan rada freak. Kadang ada anime yang fokus ke tetek-expose, ada juga yang BL-expose, ada juga yang gender-bended-expose, dll. Lama-lama makin nggak jelas dan malah menjurus ke hentai. Walau ceritanya bagus, tapi kalau penyampaiannya kayak gitu, aku tetep males nonton. Itulah kenapa aku jarang nonton anime.

Tapi, aku udah lihat cuplikan-cuplikan anime SnK dan nggak ada yang freak sama sekali kecuali gore-expose. Tapi selebihnya, penyampaian ceritanya normal. Nggak ada yang aneh-aneh kayak cewek bertetek super gede yang nggak masuk akal, atau cowok yang addicted sama cewek moe, dan semacamnya. Jadi, 3 hari yang lalu, akhirnya akupun sah melakukan gerilya dalam maksud memperdalam ilmu pengetahuanku tentang SnK.

Buat anime, bisa ditonton di sini. Sedangkan manga nya bisa dibaca di sini. Anime baru keluar 16 episode, sedangkan manganya baru 47 Chapter (yang kutau, sih).

.

Shingeki no Kyojin menceritakan tentang perlawanan manusia yang hidup di dalam tembok raksasa atas teror predator natural baru bernama Kyojin (Titan). Titan itu makhluk raksasa yang bentuknya kayak manusia, and they have that idiot face on them. Suatu hari, tembok raksasa itu dijebol sama Colossal Titan (titan paling gede, tingginya 60 meter) dan akhirnya, titan-titan yang lain masuk ke dalam tembok dan memangsa manusia di dalamnya.

Klasifikasi Titan

Buat tau lebih lanjut, silakan baca wiki atau tonton animenya.

+ : Ceritanya bagus, nggak membosankan. Tampilan anime nya nggak norak, jadi orang yang nggak suka nonton anime pun kayaknya bakal suka. Gambarnya rapi (anime-nya) dan penggambaran tiap karakternya jelas.

: Di manga, pembawaan ceritanya terlalu serius dari waktu ke waktu. Jadi yang bacanya agak capek karena harus serius setiap saat tanpa jeda.

Warning : 1) Gore-expose. Pembunuhan kyojin terhadap manusianya bener-bener diekspos. As in, potongan tangan, potongan kepala, darah muncrat kemana-mana, serta pas kyojin nya ngegigit-gigit badan mangsanya. 2) Muka kyojin nya agak-agak gimana gitu.

Moe Titan

Eren in his titan form

 

.

Oke, apart from penilaian anime nya secara umum, aku menikmati setiap karakter dan jalan ceritanya di anime. Salah satu karakter yang paling kusuka adalah Levi (Rivaille, Rifai). Awalnya aku suka Levi karena dia yang keliatannya paling kuat, paling cerdik, dan paling keliatan sifat pemimpinnya. Gerakannya cepet, dan dia emang officially dibilang manusia terkuat. Tapi setelah itu.. semua berubah begitu melihat dia dalam kostum bersih-bersih nya. Oh.. God.

Levi Heichou

Yang aku tau, muka-muka kayak dia itu adalah tipe orang yang serius, berhati dingin, dan pendiam. Jadi sifat yang kubayangkan adalah orangnya jaga image, bergerak sesuai pemikiran matang, dan jelas, nggak akan berdandan kayak tukang bersih-bersih.

Levi Heichou Cleaning Mode #ditabok

Satu hal juga yang kutau adalah kalau dia seorang clean-freak. As in orang yang cinta kebersihan dan kerapihan lebih dari apapun. Which is sangat nggak tergambar dari mukanya yang begitu. Terlebih lagi, orang ini tingginya cuma 160 cm. Badannya kecil, cebol. Sementara umurnya (kalau nggak salah) 34 tahun. Iya, sangat amat surprising. Kirain umurnya 20an.

.

Oke, kayaknya segitu aja yang bisa kutulis tentang Shingeki no Kyojin. Kalau penasaran dan pingin tau lebih jauh, coba aja tonton animenya. Animenya lebih mudah dicerna sih, dibanding manganya (buat yang nggak biasa mengkonsumsi manganime).

Dah..

 

 

Ciao!

Colossal Titan wants to have a peaceful relationship with humans

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s