Barusan aku habis baca blognya Si Tante yang ngomongin soal buku. Awalnya aku kira Tante Glo adalah pembaca buku atau kutu buku tulen kayak Nadia. Tapi, ternyata eh ternyata, Tante Glo memiliki karakter yang sama denganku. Muahahahaha!!

Aku juga suka beli buku. Bukan karena aku seorang kutu buku, tapi karena aku emang suka laper mata ngeliat buku. Tau sendiri kan, aku orangnya nggak kuat baca. Tapi masih aja sok-sokan beli buku. Hahahaha..

Biasanya aku beli buku berdasarkan design sampulnya. Kalau aku lihat design dan sinopsisnya menarik, biasanya langsung kusamber. Tapi akhir-akhir ini aku sadar itu perbuatan boros setelah melihat tumpukan buku yang kubeli dan nggak kubaca. Buku-buku itu rencananya memang mau kubaca di saat senggang. Kayak pas lagi nunggu dosen masuk, atau kalau lagi ngerokok sendirian.

Awalnya, aku memang punya waktu seperti itu.. pas masih jadi introvert dulu. Sekarang, begitu berubah jadi extrovert, aku seolah jadi nggak punya waktu untuk diriku sendiri. Sambil nunggu dosen, aku lebih suka ngerokok sambil ngobrol sama temanku. Hari libur kupakai buat ngeblog atau nggak melakukan kegiatan organisasi. Atau nggak, di rumah aku main sama Kai. Jadi, waktu untuk diriku sendiri benar-benar nggak ada. Paling cuma waktu tidur aja. Sisanya, aku berinteraksi sama orang lain baik secara langsung maupun virtual.

Karena itu, waktu untuk membaca bukuku jadi sangat amat minim (kecuali buat belajar). Dari sebulan kegiatan, mungkin waktu untukku baca buku nggak akan sampai satu jam. Selain itu, aku juga mempertimbangkan mood buat membaca. Jadilah buku-buku yang kubeli nggak kubuka-buka. Akhirnya mereka jadi pemanis rak buku aja. Paling yang kubaca cuma buku-bukunya Raditya Dika, Poconggg, dan Ferdiriva. Buku-buku ringan. Dan buku semacam The Thirteenth Tale dan Negeri Para Bedebah-nya Tere Liye karena menarik buatku. Sisanya? HAHAHAHA.

Tumpukan Buku II
Tumpukan Buku I
Tumpukan Buku I
Tumpukan Buku II

Ini adalah foto dua tumpukan buku yang berhasil kutemukan. Iya, berhasil kutemukan. Ada beberapa bukuku yang hilang, dan ada beberapa pula yang dipinjam.

Oke, di Tumpukan Buku I didominasi oleh buku-buku ringan. Kecuali yang 3 terbawah dan The Phantom Of The Opera. Buku yang susah dibaca, menurutku. Sisanya adalah buku-buku ringan yang sebagian merupakan pinjaman: bukunya Luna T, Negara Kelima, dan buku Sunshine Becomes You.

Di Tumpukan Buku II, semuanya merupakan buku yang kubeli sendiri. The Lucifer Effect itu buku studi psikologi tahanan di.. di.. di tahanan manaaaa gitu. Vendetta itu tentang pembunuhan terhadap para mantan anggota polisi/militer. Terus ada buku berbahasa jerman, dan buku bekas yang dibeli obralan.

Sebagian besar buku yang ada di tumpukan itu baru kubaca setengah. Ada yang hampir habis kubaca, tapi lalu terbengkalai karena alasan-alasan di atas. Ada juga yang kutinggal karena ternyata membosankan untukku. Buku yang selesai kubaca, ada beberapa. Dua di antaranya adalah buku tebal dan termasuk berat buat kebanyakan orang. Judulnya udah kusebutin di atas tadi. Sisanya buku komedi ringan.

Buku E.S Ito menarik, tapi aku agak susah ngikutin karena pembawaannya yang dari orang ketiga. Dan dari sinilah aku sadar, kayaknya aku cocok sama buku yang bersudut pandang orang pertama. Karena semua buku yang kuselesaikan, sudut pandangnya adalah orang pertama. Bisa gitu, ya? Hahahaha..

Mungkin, karena aku adalah penulis blog yang sering memakai sudut pandang orang pertama. Cerita-cerita yang kubikin semuanya dari sudut pandang orang pertama (baik tokoh utama ataupun tokoh sampingan). Kalau disuruh baca buku yang pakai sudut pandang orang ketiga, nggak akan kelar-kelar bacanya.

Muahahaha..

.

Oke, segitu dulu deh. Mau tidur juga..

Ciao!

2 thoughts on “Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s