Kalau ditanya kenapa aku suka menggambar, jawabannya adalah karena aku suka bereksperimen dengan skill menggambarku. Aku memang nggak terlalu pintar dalam coloring. Aku lebih suka bikin sketch dan arsiran. Dengan kemampuan ini, aku suka bereksperimen dengan imajinasi dan seberapa detil aku mengamati lingkungan sekitar.

Salah satu objek yang suka kugambar adalah manusia. Aku suka bermain-main dengan pose, ekspresi, porsi tubuh dan wajah, bentuk tubuh dan wajah, dan ras. Salah satu bagian dari manusia yang paling suka kugambar adalah mata dan tangan. Sebelumnya di twitter, aku udah ngepost dua gambar dengan tips masing-masing. Glo tanya, kenapa aku nggak bikin tutorial, jawabannya adalah: ribet. Aku pernah nyoba bikin tutorial, dan itu ribet banget. Sementara aku bukan orang serajin itu bikin tutorial. Mending aku ngasih tips aja.

.

TANGAN

Drawing Hands

Aku banyak mendapati teman-temanku yang suka menggambar rata-rata mengalami kesulitan di bagian tangan. Aku juga mengalami kesulitan, tapi tangan adalah bagian yang paling indah untuk digambar. Alasannya sama, karena aku bisa bereksperimen.

Tangan memiliki berbagai ekspresi, sama seperti wajah. Tangan juga memiliki karakter ketika digambar, sama seperti wajah dan bagian tubuh lainnya. Kalau aku ketemu orang, aku suka ngeliatin tangan mereka buat referensi nggambar.

Tangan cewek: Tangan cewek adalah satu hal yang paling mudah digambar. Bukan cuma tangan.. apapun yang ada di badan cewek sangat mudah digambar karena mereka nggak membutuhkan detil lain kecuali shading. Nah, tangan cewek ini cenderung memiliki jari yang lentik dengan jari yang kecil atau ramping. Punggung tangan mereka cenderung terlihat lembut tanpa tonjolan tulang atau guratan urat. Gesture tangan cewek cenderung terlihat lebih lembut dan lentur. Kalau pun ekspresinya marah, mereka tetap terlihat lembut tanpa detil.

Tangan cowok: Berbeda dengan tangan cewek, tangan cowok sangat terlihat kaku dan penuh detil. Biasanya aku memasukkan detil tonjolan tulang dan guratan urat di punggung tangan buat menunjukkan kalau itu tangan cowok. Tangan cowok umumnya nggak selentik atau selancip tangan cewek. Ujung jari mereka terlihat lebih bulat atau persegi dibanding cewek. Tangan cowok juga memiliki beberapa tonjolan tangan penting. Khususnya di pergelangan tangan dan pangkal ibu jari. (bisa dilihat di gambar)

Tips: Untuk menggambar tangan lebih bagus, kalian bisa mainkan tangan kalian. Misalnya, membentuk kepalan tangan, mengacungkan jari telunjuk atau tengah, dan gesture-gesture lain yang kalian sukai. Setelah kalian menemukan gesture yang kalian inginkan, baru kalian buat garis kasar atau outline dari posisi tangan kalian. Setelah jadi outline keseluruhan dari tangan kalian, baru kalian bisa tambahkan detil, kayak kuku, ruas jari, tonjolan tulang, dan shading.

Penting: Nggak usah down kalau gambar tangannya jelek. Memang awalnya gambarnya nggak sesuai keinginan kita. Makanya, rajin-rajin latihan biar terbiasa. Kesalahan fatal orang-orang biasanya langsung menyerah pas gagal. Padahal, menggambar memang membutuhkan latihan supaya tangannya terbiasa.

.

MATA

Drawing Eyes

Menggambar mata sama menyenangkannya dengan menggambar tangan. Di gambar di atas, aku udah menjelaskan 2 hal terpenting dalam menggambar mata. Sebenarnya, ada tiga hal penting dalam menggambar mata. Yaitu gender, ras, dan ekspresi mata. Ya, mata juga punya ekspresi kayak wajah. Bahkan, mata memakan hampir 90% dari ekspresi yang ditunjukkan. Maksudnya? Mata memiliki peranan penting dalam menunjukkan ekspresi objek gambar.

Gender: Sama halnya dengan tangan, mata pun memiliki karakteristik gender. Simpel aja, kalau mata cewek, umumnya bulu matanya lentik dan lebih tebal. Bola matanya terlihat lebih besar dan bersinar dibanding mata cowok. Dan mata cewek umumnya berbentuk kayak daun. Jadi tarikan garis umumnya adalah kiri bawah ke kanan atas (kayak gambar mata yang paling atas). Kalau mata cowok, biasanya terlihat lebih cekung dan memiliki alis yang tebal dan kaku. Bola mata mereka umumnya lebih kecil dan terlihat lebih dingin dibanding mata cewek.

Ekspresi: Mata menguasai 90% dari ekspresi wajah. Jadi, sangat penting untuk bermain-main dengan ekspresi mata. Ekspresi yang paling mudah dan simple adalah marah, senang, dan sedih. Ketiga ekspresi ini sebenarnya dibagi ke beberapa jenis lagi. Tapi itu nanti aja kujelasin.. kapan-kapan lah.

Di dalam ekspresi juga terdapat arah pandang mata. Nggak mungkin dong, kita bikin objek gambar semuanya bermata kosong. Nah, cara bikin mata biar lebih ‘hidup’ adalah dengan menambahkan arah pandang mata. Contoh arah pandang mata bisa dilihat di gambar.

Ras: Biar objek gambar kita lebih bervariasi, ada baiknya kita menunjukkan ras mereka melalui bentuk mata. Kenapa? Karena setelah kupelajari, rupanya salah satu yang menampakkan perbedaan ras terdapat di mata. Ini bikin aku makin suka menggambar mata.

Nah, di atas, aku udah menyajikan bentuk mata dari 3 ras. Yang paling gampang memang yang oriental (Chinese, Japanese, Korean). Mata oriental cuma membutuhkan sedikit detil; alis yang tipis, mata yang kecil dan lancip, serta lipatan kelopak yang tak terlalu kelihatan. Bola mata ras oriental biasanya kecil.

Lalu ada kaukasia. Bentuk mata kaukasia jauh lebih gampang lagi (untukku), salah satunya karena mukaku juga rada-rada kaukasia, jadi gampang ditiru. Mata orang kaukasia memiliki lebih banyak guratan dan detil untuk digambar; alis yang lebih tebal (untuk cowok), mata yang cekung dan menampakkan tulang hidung, lalu lipatan kelopak yang terlihat jelas. Umumnya ras kaukasia memiliki satu lipatan kelopak. Kalau bingung gimana maksudnya, coba lihat mata kalian dan lihat ada berapa garis di atas mata kalian (saat terbuka).

Lalu, baru-baru ini aku belajar cara menggambar mata orang Arab. Tapi rasanya masih perlu banyak latihan, hahaha. Ciri-ciri mata orang arab: alis tebal, mata yang terlihat cekung dan gelap, bulu mata yang tebal, garis mata yang tegas, mata yang lebar. Umumnya mata orang Arab memiliki kelopak yang menampakkan rongga mata mereka. Kalian bisa lihat contohnya di gambar di atas. Untuk mata Arab, aku mencoba menggambar mata Kai karena paling mendekati. Tapi anaknya suka malu kalau kutatap lama-lama gitu. Jadi susah. – -“

Tips: Menggambar mata memang nggak mudah. Apalagi kalau sudah mencakup 2 mata yang menghadap depan. Ukuran mata yang nggak sama, memang biasa. Tapi usahakan posisi mata selalu segaris (jangan yang kiri di bawah, yang kanan di atas). Jarak antar kedua mata juga harus diperhatikan. Jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat (kecuali kalau memang mau membuat variasi bentuk wajah). Cara yang paling gampang untuk menggambar mata adalah dengan metode daun. Menarik garisnya dari kiri bawah ke kanan atas.

.

Menggambar manusia yang rapi memang bukan hal yang mudah. Selain butuh imajinasi, kita juga butuh perhitungan letak, porsi, dan bentuk. Aku sering dimintai untuk mengajari teman-temanku menggambar, dan aku cuma bilang, “rajin-rajin latihan“. Aku juga nggak bisa apa-apa kalau mereka jarang latihan dan langsung menyerah begitu gagal sekali.

Oke, buat postingannya, segini dulu. Besok-besok aku tambahin cara bikin pose, ekspresi wajah, bentuk tubuh, etc, apapun yang penting dalam menggambar manusia.

Saranku sih, rajin-rajin menggambar bentuk; lingkaran, persegi, dll. Itu melatih tangan untuk menarik garis. Sama halnya dengan menulis, nanti lama-lama gambar kalian akan memiliki karakteristik sendiri. Karena goresan pena/pensil setiap orang berbeda-beda.

Ciao!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s