Karena sebentar lagi pemilu, ada kerennya juga kalau aku ngeblog tentang pemilu. Tapi aku nggak akan membahas tentang capres, latar belakang mereka, atau partai politiknya. Saya lebih suka membahas tentang Golput atau Golongan Putih.

Aku termasuk orang yang sebenarnya niat buat Golput di pemilu nanti. Alasannya umum, karena nggak ada capres yang bisa menarik perhatianku, nggak ada yang sesuai kriteria, dan udah males ngeliat muka-yang-sok-dibaik-baikin-tapi-tetep-kelihatan-busuknya.

Tapi, Golput sebenarnya nggak akan merubah apapun. Kalau kulihat, lebih banyak ruginya ketika Golput dibanding memilih. Ruginya apa? Salah satunya sih, ‘udah nggak memakai hak pilih, kita kena imbas dari presiden yang terpilih’. Maksudnya ya, kita membiarkan orang lain menentukan nasib kita. Kalau kalian suka, ya itu hak kalian, sih. Tapi begitu menyadari hal ini, aku jadi membatalkan niat Golputku buat pemilu nanti.

Memang sih, sekarang kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah udah terkikis.. udah nyaris hilang, kurasa. Nggak ada yang bisa dipercaya, kalaupun menaruh kepercayaan pada mereka, kepercayaan kita disalahgunakan. Semua jual janji, udah kayak salesman. Ngomong gede, padahal produknya nggak seberapa.

Nah, untuk mengatasi hal ini, beberapa hari yang lalu aku melihat tweet dari seseorang (aku lupa siapa) yang mengajak untuk jangan Golput. Daripada Golput karena nggak ada yang sesuai dengan kriteria, lebih baik kita datang dan coblos semua foto capresnya. Adil, kan? Hahahaha

Kalau kalian nggak suka sama capres-capresnya, bolehlah itu foto capresnya dicoret-coret atau ditusuk-tusuk pakai paku berkali-kali. Mungkin itu bisa meredam amarah kalian terhadap mereka……untuk sementara waktu. Walau memang pelampiasan amarah yang lebih afdol adalah dengan mencoblos muka capresnya secara langsung. Segitu pinginnya dicoblos, sini tak coblos mukanya satu-satu pake pisau dapur. #janganDitiru

.

Ada alasan kenapa aku setuju sama tweet yang kubilang tadi.

Saat ini, banyak oknum yang gampang dibayar/disogok untuk melakukan sesuatu. Banyak orang yang nggak bisa dipercaya. Kalau kalian Golput, apa kalian yakin kertas pemilih kalian aman? Apa kalian yakin kertas pemilih kalian akan tetap mengkilap tanpa lubang pas dihitung? Nggak ada yang bisa menjamin itu. Pasti akan ada aja orang yang menyalahgunakan kertas pemilih kalian. Daripada memberi kesempatan mereka untuk menyalahgunakannya, lebih baik kalian-kalian yang niat Golput datang dan coblos semua fotonya. Biarkan saja kertas pemilih itu dihitung ‘tidak sah’.

Selain itu, dana yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan ini nggak sedikit. Dan dana pemilu itu datangnya (secara nggak langsung) dari kantong kalian juga. Ibarat kita udah beli tiket konser mahal-mahal, tapi kita nggak gunakan untuk melihat pertunjukannya. Terlebih lagi tiket itu nggak bisa direfund atau dijual ke orang lain supaya duit kita balik. Duit keluar, hak kita nggak dipake. Rugi dua kali.

.

Jadi, daripada Golput, mending datang dan selamatkan kertas pemilih kalian dengan alternatif demikian. Semoga dengan ini kalian nggak mau Golput. Demi bangsa! #tsailah!

Ciao!

8 thoughts on “Golput

  1. setuju deeh sama kamu.. Haha.
    pernah kepikiran jg buat golput. Tapi, stelah dipikir2 lg, mnrut gw PEMILU itu kan proses mnuju perubahan masa’ gw sebagai rakyat yg menginginkan perubahan tp apatis sama perubahan itu sndiri.
    Memang sih msh skeptis sm caleg2 yg ada. Tp spt yg lo bilang drpd kertas pemilih gw disalah gunakan. Mending dateng deh.. Satu suara sangat berharga.
    Btw ini pemilu yg keberapa buat lo kyle?

    Like

    1. Jadi pemilih sah apa dijadiin ‘tidak sah’ nih? Hahaha..
      Kalo nggak salah ini yang kedua. 2009 sama 2014 nanti..

      Situ yang keberapa? Btw nama panjang situ siapa?

      Like

  2. waduuh.. Pernah jd pemilih tdk sah? Jgn2 pengalaman jd pengisi suara yg golput?? Haha..

    Ini harusnya jd pemilu yg kdua jg buat gw, tp pemilu pertama gw golput soalnya wktu itu gw lg sekolah di luar daerah tmpt gw milih.

    Nama panjang gw Miftaaaaaaaaah (humor basi) haha..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s