Jadi, beberapa waktu yang lalu, aku di Ask.fm mendapatkan pertanyaan demikian. Awalnya aku mau jawab di Ask.fm, tapi setelah kupikir-pikir, cerita di balik lagu itu begitu panjang dan terlalu banyak sejarah. Sehingga aku memutuskan untuk menulisnya di blog ini.

Screen Shot 2015-03-30 at 10.08.09 PM

.

Love Lost (acoustic) – The Temper Trap

Di balik lagu ini ada sebuah pelukan. Pertama kali mendengarkan lagu ini, this particular person (sebut saja X), lagi galau-galaunya. Di sana, di tempat rahasiaku, dia curhat tentang apa yang terjadi di dalam hidupnya. Dia menyebutkan apa yang dia sukai dari udara laut, apa yang dia benci, dan apa yang mengganggunya.

Lagu ini kudapat dari akun Soundcloud-nya dia. Ketika dia selesai menceritakan seluruh dukanya, kami hanya terdiam menatap langit senja. Matahari sudah mulai terbenam setengahnya dan tidak ada kata yang keluar dari mulut kami masing-masing. Sehingga, karena bosan, aku memutar lagu ini untuk menemani suasana senja yang santai.

Baru setengah lagu ini mengalun, X tau-tau saja memelukku. Pelukannya begitu erat dan lama – seperti orang yang akan terpisah lama. Aku sempat bertanya arti dari pelukannya, dan dia hanya menjawab, “Aku cuma mau abang mengingatku.

Aku pun terdiam dan membiarkan lagu pelukan itu berubah menjadi semakin erat seiring matahari terbenam.

.

Wax – Theme Park

Di balik lagu ini, tersimpan sebuah perjalanan. Aku dan dia (sebut saja Z) sedang terduduk di dalam kereta, berdua. Di sela-sela suara kereta, ia mengeluarkan headset dan memberikan bagian sebelah kanannya padaku. Dia menatapku dengan senyuman kekanakannya, “Kamu coba tebak ya, ini lagu apa“, katanya dengan riang. Kemudian, ia menekan tombol Play.

Aku sudah pernah mendengar lagu ini sebelumnya. Lagu yang santai dan asik. Aku mengatakan kalau aku sudah tau lagu ini dan sudah pernah mendengarkannya. Sehingga yang tertinggal adalah menikmati lagu tersebut di sisa perjalanan kereta kami.

Di sela lagu, aku menatap jendela kereta di seberang kami. Di sana, ada bayangan kami terpantul dengan jelas akibat langit yang sudah gelap. Sikuku menyenggol lengan atasnya dengan lembut, lalu menunjuk ke arah jendela yang kulihat. “Hey, look! It’s us!

.

Houdini – Foster The People

Ketika itu aku dan sahabatku sedang menikmati kegiatan kami masing-masing di kamarku. Aku sibuk dengan ponselku, dia sibuk dengan ponselnya. Setelah sekian lama berdiaman, ia mulai membuka suara. “Coba tebak, ini lagu apa!“, lalu ia memutar sebuah lagu yang belum pernah kudengar sebelumnya.

Lagu tersebut memiliki beat yang asik dengan paduan synth yang membangkitkan semangat. Aku begitu suka lagu itu sejak pertama kali mendengarnya. “Aaaah! Itu lagu apa? Enak banget!“, seruku sambil mencoba untuk merebut ponselnya.

Nggak! Lo harus tebak ini lagu apa!

Gue nggak tau, kampret! Enak banget tapi lagunya.

This is my jam. This is my all-time favourite song.“, jelasnya dengan senyuman sinis khasnya.

Aku hanya menatapnya tanpa ekspresi. Menatapnya yang sedang asik sendiri menikmati lagu kesukaannya. Energinya tampak meluap-luap ketika mendengarkannya – Melonjak-lonjak, mengangguk-anggukkan kepala sambil menggigit bibir bawahnya – Tanda ia begitu menikmati lagu tersebut.

Wow, you were really lonely, ya?

.

(You Knocked Me) Off My Feet – Sondre Lerche

Malam itu, M menyatakan perasaannya kepadaku. Betapa ia mencintaiku, apa arti kehadiranku di hidupnya, dan kata-kata manis yang biasa diucapkan oleh orang-orang yang sedang kasmaran. Kata-kata manis, janji-janji manis, dan senyuman penuh kepuasan dan kebahagiaan yang meluap sambil menatapku melalui kamera laptop.

I love you.“, ucapnya.

Aku suka lagunya.“, jawabku.

.

Ciao!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s