Iya, jadi, gara-gara gue habis baca blog seseorang tentang rekomendasi blog, ditambah akhir-akhir ini temen-temen gue perlahan-lahan mulai membuat blog untuk menyalurkan isi kepalanya, maka gue mau membuat list rekomendasi blog. Rekomendasi ini gue bikin atas alasan yang sangat subjektif. Memang ada beberapa yang isi blognya sangat bagus sehingga gue terus-terusan mempromosikannya, tapi ada juga yang gue promosikan karena itu adalah blog teman gue.

Nggak, bukannya gue sekedar merekomendasikan karena terikat hubungan personal, gue merekomendasikan semata-mata ingin menumbuhkan semangat menulis di mereka. Gue mau blog mereka nggak dibuat dengan sia-sia. Karena bagi gue, yang notabene juga seorang blogger amatiran, pembaca adalah salah satu motivasi terbesar gue (atau penulis mana pun) untuk tetap menulis dan meng-update blog mereka. Oleh karena itulah, gue merekomendasikan blog-blog temen-temen gue.

List di bawah ini dibikin berdasarkan alamat-alamat blog yang muncul di kepala gue pertama kali. Nggak tergantung oleh bagus atau nggaknya blog mereka, atau apapun.

.

1. Indri Anindita: Pecinta Senja, Mencintai Semesta

Blog ini adalah milik salah satu teman terdekat gue saat ini. Sebenarnya dia adalah blogger lama, tapi di blognya yang lama (katanya) adalah isi curhatan alay. Gue nggak tau apa motivasi dia membuat blog baru di WordPress ini. Tapi kalau gue lihat dari beberapa postingannya, kayaknya blog ini mau dia arahkan ke pembaca umum. Basically kayak gue, cuma mau menuangkan isi pikiran dan (mungkin) isi hati yang sudah dikemas dengan lebih indah.

2. Suicidal Bunny: Your Daily Dose of Nonsense

Suicidal Bunny ini adalah homie gue. Dia basically suka menulis in general. Seperti yang ada di perkenalan di blognya, dia dulu memiliki sebuah blog yang sudah lama dihapus (gue juga nggak tau alamat blog lamanya). Pembuatan url baru blognya ini juga hampir berbarengan dengan Indri. Alasan pembuatannya kurang gue ketahui juga, tapi gue rasa blognya adalah sarana dia menyampaikan apapun yang ada di dalam kepalanya tanpa tujuan tertentu (bisa dibilang sekedar curhat, mungkin?). Check her out!

3. Arjen’s Land of Solitude

Jurnal Arjen adalah my all-time favourite blog. Gue sangat amat suka cara dia menulis, cara dia menumpahkan isi kepalanya dalam bentuk tulisan, cara dia merangkai kata, dan cara dia memilih kata. Nggak ada blogger yang bisa bikin gue se-jatuh-cinta ini sama sebuah tulisan. Gue dan Arjen dulu pernah bertemu dan berkenalan, mungkin bahkan sempat banyak ngobrol soal blogging, tapi saat ini manusia itu sudah entah bagaimana kabarnya. Bisa dibilang gue sudah lost contact sama dia dan dia juga sudah lama banget nggak meng-update blognya.

4. Alexandra’s Blog: Sang Pencerita. Sang Pecinta Kata; Mantra.

Kalau blog yang ini adalah blog milik adek baptis gue. Dia terinspirasi menulis dari seorang teman dekat gue dan di-encourage langsung sama dia. She’s now pursuing her passion in writing dengan menggunakan blog ini sebagai sarananya. Dan, seperti kebanyakan penulis pemula lainnya, dia masih mengalami naik-turun, masih perlu banyak belajar, masih perlu banyak motivasi, dan masih perlu banyak acknowledgement.

5. Tulisanku!: Mengapa dan Untuk Siapa, Perlukah Ditanya?

Blogger manis dengan insecurity berlimpah ini juga merupakan salah satu teman dekat gue. Kami kenal karena gue meng-approach dia setelah gue menemukan blognya di Google. Gue membaca tulisannya dan entah kenapa gue seperti dibawa ke dunia lain. Olga adalah salah satu dari sedikit blogger yang memiliki ciri khasnya tersendiri dalam menulis. Gue nggak pernah lupa mempromosikan blognya karena dia memang berhak mendapat acknowledgement. Dia adalah gadis manis kesayangan gue yang bawaannya minta dipeluk mulu. And, funny story about this girl, rupanya hidup kita saling bersinggungan sejak dulu. Kami pernah hidup di satu lingkungan, tapi baru dipertemukan 3 tahun kemudian.

6. Bicara Di Kamar

Kalau blogger yang satu ini gue kenal dari SEPENA dan merupakan anak FE juga kayak gue. Gue sangat suka dengan isi pikirannya yang dia tuangkan dalam bahasa yang semi-formal. Gue rasa dia sengaja mencakup pasar umum dengan gaya bahasa dan juga isu-isu sosial yang diangkatnya. Gue dan dia memang sudah jarang sekali ngobrol, tapi kami dulu selalu memiliki kesamaan pendapat dan gaya berpikir; mungkin karena latar belakang kami kurang lebih mirip. Bahasa yang dia gunakan juga mengalir, itu yang membuat gue tambah suka dan merekomendasikan blognya. Dia juga merupakan salah satu blogger yang perlu acknowledgement seperti Olga.

.

Dengan merekomendasikan blog-blog di atas, gue jadi berpikir untuk memperbaiki isi blog gue. Gue ingin membenahi kontennya supaya layak dikonsumsi umum. Beberapa alasan gue ingin membenahinya juga karena gue melihat banyak tulisan-tulisan hasil observasi gue malah bercampur dengan curhat kacangan milik gue. Walau blog ini juga nggak memiliki tema atau spesifikasi konten, tetap saja gue mau membenahi diary digital gue ini supaya lebih enak dipandang.

So, anyway, terima kasih sudah menyimak tulisan gue kali ini. Jangan lupa follow dan comment di postingan-postingan mereka. Let them know that you read their writings and let them know what you think about it. Give them motivation and encourage them to write more.

Ciao!

2 thoughts on “Rekomendasi Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s